Manajemen Properti

IDE AWAL

Ide biasanya berawal dari pengalaman & pengetahuan, ide yang terbaik menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan user dan menambah added value (nilai tambah) ke komunitas.

  1. Dari mana seorang developer memperoleh ide?
  2. Bagaimana dia tahu ide mana yang memerlukan analisa lanjut dan yang mana tidak?

Tidak ada formula ajaib yang menghasilkan ide pengembangan yang baik sebab setiap orang menerima informasi yang berbeda dan memprosesnya secara berbeda pula. Satu hal yang pasti adalah bahwa pengembang umumnya memerlukan informasi tentang latar belakang untuk membuat ide baik yang terbaik.  Informasi tersebut beriringan dengan pengalaman menghasilkan apa yang disebut suatu feeling (perasaan) akan pasar. Perasaan ini tidak menghasilkan uang bagi pengembang tetapi tanpa feeling ini seorang pengembang tampaknya akan kehilangan uang dan melakukan suatu membahayakan ke komunitas. Ketika menghasilkan ide pengembangan seringkali dipikirkan sebagai tak terduga dan intuitif,. Pengembang perlu merencanakan proyek masa mendatang untuk menjaga perusahaan pengembangannya tetap melaksanakan bisnisnya. Pasar yang ketat dan terlalu banyak supply (space yang dibangun) memerlukan keputusan bisnis yang baik berdasarkan asumsi yang baik jika proyek harus tetap memiliki suatu kesempatan untuk berhasil.

Riset pasar yang mendalam telah menjadi sama pentingnya dengan keinginan pengembang untuk menyelesaikan suatu proyek. Untuk memahami pasar real estat seringkali pengalaman dan penyelidikan seseorang tak berguna. Developer, anggota team pengembangan, investor, regulator dan pembuat kebijakan dapat menjadi sangat efektif dan berhasil jika mereka melihat semua pengetahuan sebagai sangat berguna ketika melihat suatu proyek baru. Pemain pengembangan secara tak sadar menunjukkan riset pasar selama hampir saat-saat bangun mereka dari tidur yaitu ketika mereka membaca, menyetir, makan, bermain, merenung atau berinteraksi dengan orang lain.

Mereka juga secara sadar menampilkan riset pasar ketika mereka menganalisa ekonomi regional dan pertumbuhan populasi lokal, gambar lapangan kerja, ketersediaan zoning, perhitungan jumlah lalulintas, tingkat hunian dan pilihan pelanggan/customer.

Rasa ingin tahu, minat dan observasi meninggikan pendekatan formal dari pembangkitan ide. Jadi awal suatu ide ini menjelaskan bahwa pentingnya suatu riset pasar yang baik dan suatu pendekatan yang terstruktur ke pemasaran. Dalam kenyataannya, pentingnya pemasaran tak dapat terlalu diutamakan. Pemasaran bermula lama sebelum penjual sebenarnya atau penyewaan space.

Pemasaran realestat yang baik bermula sebelum lahirnya suatu ide dengan suatu rasa ingin tahu developer akan bagamana manusia memanfaatkan space dan suatu kepekaan untuk mengubah pasar dengan berlalunya waktu. Malah pendekatan/ metode yang formal seringkali tidak jalan dan jarang berhasil dalam suatu pasar yang persaingannya ketat. 

Rasa ingin tahu, minat dan observasi meninggikan pendekatan formal dari pembangkitan ide. Jadi awal suatu ide ini menjelaskan bahwa pentingnya suatu riset pasar yang baik dan suatu pendekatan yang terstruktur ke pemasaran. Dalam kenyataannya, pentingnya pemasaran tak dapat terlalu diutamakan. Pemasaran bermula lama sebelum penjual sebenarnya atau penyewaan space.

Pemasaran realestat yang baik bermula sebelum lahirnya suatu ide dengan suatu rasa ingin tahu developer akan bagamana manusia memanfaatkan space dan suatu kepekaan untuk mengubah pasar dengan berlalunya waktu. Malah pendekatan/ metode yang formal seringkali tidak jalan dan jarang berhasil dalam suatu pasar yang persaingannya ketat.

Bagian ini menjelaskan kebutuhan seorang pengembang untuk memahami konsep pemasaran total (total marketing concept) yaitu :

a.menemukan apa yang diinginkan pelanggan,
b.menghasilkan apa yang diinginkan tersebut dan
C. membujuk (dalam artian memasarkan) pelanggan membeli atau menyewa yang telah dihasilkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s